2.3 Kisah Seorang Suami dan Kakaktua

Standard

Seorang pria yang baik punya istri yang cantik, yang dikasihinya dengan amat sangat, dan tidak pernah meninggalkan barang sekejab. Suatu hari, ketika ia karena suatu urusan penting harus pergi jauh dari istrinya, ia pergi ke suatu tempat di mana segala jenis burung yang dijual dan membeli burung beo. Burung beo ini hanya berbicara dengan baik, tetapi dia memiliki karunia untuk memberitahukan segala yang terjadi di depannya. Dia ada di rumah dalam sangkar dan meminta istrinya untuk dimasukkan ke dalam kamarnya dan merawat besar sementara dia pergi. Kemudian ia pergi. Setelah kembali, ia bertanya pada burung kakaktua ini apa yang telah terjadi selama kepergiaannya, dan kakaktua menceritakan beberapa hal yang membuat dia memarahi istrinya.

Istrinya berpikir bahwa salah satu budak nya pasti bercerita tentang apa yang dilakukannya, tetapi mereka mengatakan bahwa yang bercerita adalah burung kakaktua, dan ia memutuskan untuk membalas dendam pada kakaktua itu.

Ketika suaminya berikutnya pergi selama satu hari, dia memerintahkan para budaknya untuk menjalankan di bawah sangkar burung, gilingan, dan lain untuk membuang air di atas sangkar dan yang lain mengambil cermin dan menaruhnya di depan matanya dari kiri ke kanan dalam cahaya lilin. Budak-budak melakukan ini untuk sebagian malam, dan melakukannya dengan sangat baik.

Keesokan harinya, ketika sang suami bertanya kakaktua kembali apa yang telah dilihatnya. Burung itu menjawab, “Tuan yang baik, kilat, guntur dan hujan mengganggu saya sepanjang malam, saya dapat memberitahu Anda apa yang saya derita.”

Suami, yang tahu bahwa itu tidak hujan dan guntur di malam hari, yakin bahwa burung kakaktua tidak berbicara kebenaran, sehingga ia membawanya keluar dari sangkar dan melemparkannya sangat kasar atas dasar bahwa ia membunuhnya. Tapi ia menyesal setelah itu, karena ia menemukan bahwa kakaktua berbicara kebenaran.

Ketika raja Yunani, “kata nelayan untuk para jenius, telah selesai kisah kakaktua itu,” katanya kepada wazir, “dan karenanya, wazir, aku akan mendengarkan bukan untuk Anda, dan aku akan mengurus dokter , dimana saya tidak mau berlaku sebagai suami lakukan ketika dia membunuh burung kakaktua itu ”

Tapi si wazir berkeras.” Tuan, kematian burung beo itu bukan hal yang penting. Tapi ketika menyangkut kehidupan seorang raja lebih baik mengorbankan yang tak berdosa daripada menyelamatkan yang bersalah. Meskipun tidak pasti, namun Tabib Douban, saya yakin ingin membunuhmu. Naluri saya mendorong saya untuk menceritakan tentang kisah wazir yang dihukum.”

“Apa yang telah dilakukan oleh wazir, “kata raja,” sehingga pantas dihukum?”

“Aku akan menceritakan pada Yang Mulia, jika Anda sudi untuk mendengarkan, “jawab wazir.

Leave a Reply

